Minggu, 09 September 2018

TUGAS 2 PBO
Perkenalan Class dan Object

Pada pertemuan kali ini kami belajar ,mengenai class dan object dalam sebuat pemrograman berorientasi objek. Secara sederhana class di misalkan sebuat toples dan oject dimisalkan banyak benda seperti pensil, pulpen, dan penggaris di dalamnya.

Tugas dalam pertemuan kali ini adalah membuat metode, luas permukaan, dan volume dari;
  1. Kubus
  2. Balok
  3. Tabung
  4. Bola
Berikut merupakan contoh output dari program yang saya buat :


Class :


Source Code dari tiap classnya 
  • Kubus

/**
 * Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Kubus
 *
 * Yasinta Yusniawati
 * 10 Sepetember 2018
 */
public class kubus
{
    public double s; //sisi
    
    //cara return luas permukaan dan volume kubus
    public double lp(){
        return 6 * s * s;
    }
    public double vol(){
        return s * s * s;
    }
}
    

  • Balok

/**
 * Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Balok
 *
 * Yasinta Yusniawati
 * 10 Seb 2018
 */
public class balok
{
    public double p, l, t; //panjang lebar tinggi
    
    //cara return luas permukaan dan volume kubus
    public double lp(){ // luas permukaan
        return (2 * (p*l + p*t + l*t));
    }
    public double vol(){ //vo
        return p * l * t;
    }
}
    

  • Tabung

/**
 * Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Tabung
 *
 * Yasinta Yusniawati
 * 10 Seb 2018
 */
public class tabung
{
   public double r ; //jari-jari
   public double t; //tinggi
   
   //cara return luas permukaan dan volume kubus
    public double lp(){ // luas permukaan
        return (2 * 3.14 * r * r) + (2 * 3.14 * r * t);
   }
    public double vol(){ //volume
        return 3.14 * r * r * t;
    }
}


  • Bola

/**
 * Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Tabung
 *
 * Yasinta Yusniawati
 * 10 Seb 2018
 */
public class bola
{
   public double r ; //jari-jari
   
   //cara return luas permukaan dan volume kubus
    public double lp(){ // luas permukaan
        return 4 * 3.14 * r * r;
   }
    public double vol(){ //volume
        return (4/3) * 3.14 * r * r * r;
    }
}


Fungsi main :


/**
 * Fungsi main dari luas permukaan dan volume dari Kubus, Balok, Tabung, dan Bola
 *
 * @author (Yasinta Yusniawati)
 * @version (10 Sep 2018)
 */
public class main
{
    public static void main(String arg[])
    {
     //KUBUS
     kubus cube; // membuat interface 
     cube   = new kubus();
     cube.s = 5;
     
     double Lp  = cube.lp();
     double V   = cube.vol();
     // output
     System.out.println("Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Kubus");
     System.out.println();
     System.out.println("Sisi           = " + cube.s);
     System.out.println("Luas permukaan = " + Lp);
     System.out.println("Volume         = " + V);
     System.out.println("=================================================================");
    
     //BALOK
     balok block; // membuat interface 
     block     = new balok();
     block.p   = 3;
     block.l   = 6;
     block.t   = 10;
     double lp = block.lp();
     double v  = block.vol();
     //output
     System.out.println("Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Balok");
     System.out.println();
     System.out.println("Panjang        = " + block.p);
     System.out.println("Lebar          = " + block.l);
     System.out.println("Tinggi         = " + block.t);
     System.out.println("Luas permukaan = " + lp);
     System.out.println("Volume         = " + v);
     System.out.println("=================================================================");
     
     //TABUNG
     tabung tube; // membuat interface
     tube       = new tabung();
     tube.r     = 7;
     tube.t     = 8;
     double LP  = tube.lp();
     double vol = tube.vol();
     //output
     System.out.println("Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Tabung");
     System.out.println();
     System.out.println("Jari-jari      = " + tube.r);
     System.out.println("Tinggi         = " + tube.t);
     System.out.println("Luas permukaan = " + LP);
     System.out.println("Volume         = " + vol);
     System.out.println("=================================================================");
     
     //BOLA
     bola ball;
     ball       = new bola();
     ball.r     = 14;
     double Lpr = ball.lp();
     double Vol = ball.vol();
     //output
     System.out.println("Program implementasi dengan field luas permukaan dan volume Bola");
     System.out.println();
     System.out.println("Jari-jari      = " + ball.r);
     System.out.println("Luas permukaan = " + Lpr);
     System.out.println("Volume         = " + Vol);
     System.out.println("=================================================================");
    }
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas APSI - C

USE CASE Analisa Use Case adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan sistem perangkat lunak dengan menggambarkan akt...